PIP Berikan Dana Relaksasi untuk Pengusaha Mikro

Kita tahu selama pandemi ini, dampaknya udah terasa di semua lini hidup, termasuk yang paling tertampar keras itu ya sektor ekonomi. Banyak perusahaan besar yang mem-PHK karyawan, banyak juga pengusaha-pengusaha kecil yang gulung tikar karena kehilangan konsumen.

Siapa yang kira sih, di tahun ini bisa muncul pandemi yang bikin geger seluruh dunia gini? Tanpa persiapan matang, jelas dampaknya bakalan terasa banget. Butuh sinergitas antara banyak pihak untuk bisa menghadapi ini semua dengan baik dan memulihkan agar dampaknya tidak berkepanjangan. Nah, di pertengahan Agustus ini, Pusat Investasi Pemerintah lewat program PEN mulai membantu pengusaha-pengusaha mikro dengan dana relaksasi.

Untuk mempercepat Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), khususnya membangkitkan Kembali Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) yang terpuruk akibat pandemi, Pusat Investasi Pemerintah memberikan relaksasi kepada 15 dari 43 koperasi yang menyalurkan pembiayaan Ultra Mikro (UMi) melalui PT. Bahana Artha Ventura (BAV) sebesar Rp. 272,7 Miliar dan Rp. 26 Miliar kepada PT. Pegadaian Persero). Acara penyerahan relaksasi kepada PT. Pegadaian (Persero) ini diadakan pada hari Jumat, 14 Agustus 2020 lalu dan kepada PT. Bahana Artha Ventura (BAV) dilakukan pada hari Selasa, 18 Agustus 2020.

Acara penandatanganan akad penyaluran pembiayaan Ultra Mikro sebeasr Rp. 1,2 triliun oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP) kepada PT. PNM pada hari Jumat, 14 Agustus 2020. Penyaluran kepada PNM ini merupakan bagian dari komitmen PIP untuk mendukung Usaha Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Langkah ini merupakan bentuk konkrit kepedulian pemerintah pada para pengusaha mikro. Dengan dana relaksasi tersebut, semoga para pengusaha mikro bisa survive di masa pandemi ini. Karena seperti yang kita tahu bahwa pandemi telah berdampak ke banyak sektor, termasuk sektor usaha mikro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *