Formula Asam Amino Untuk Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Anak

“Gua intoleransi laktosa, tiap minum susu, langsung melilit perut gua, Beb..”

Ucapan yang keluar dari mulut teman baik saya ketika saya menikmati segelas minuman dingin berbahan dasar susu yang rasanya creamy dan menyenangkan,

Saya mengernyitkan dahi, berpikir sejenak mengenai hampanya hidup teman saya karena sama sekali tidak bisa mengkonsumsi produk berbahan dasar susu.

Percakapan itu terjadi beberapa tahun lalu, ketika kami masih sama-sama single dan mingle. Nongkrong di sebuah mall ibukota, mengenakan jaket kebesaran dan celana kekecilan. :))

 

 

Circa 2016,
teman saya melahirkan anak pertamanya. Hantaman baby blues yang parah menghinggapi kondisinya. Ketika itu, ia merasa gagal menjadi Ibu, sedih terus menerus hingga keinginan menyesali jalan hidupnya. Kami sebagai teman-temannya concern pada kesehatannya, walau kami harus mengorbankan bayi terkasihnya tidak mendapat asupan ASI karena secara psikologis si Ibu tidak bisa memberikan ASI pada anaknya, ASInya mampet, tidak mau keluar sama sekali.

Tetapi, masalah yang sama dialami,

Ternyata si anak tidak hanya mengalami intoleransi laktosa tetapi juga mengalami alergi susu. Setiap kali diberikan susu, maka anak akan mencret, kembung dan menangis berlebihan. Hingga konsul lah teman saya dan dokter mengatakan bahwa memang ada alergi terhadap susu sapi,anak yang alergi susu sapi tidak bias mencerna protein utuh yang terdapat dalam susu sapi, nah utuk mengatasi masalah ini doktermemberikansaran untuk mengganti susunya dengan formula asam amino yang sangat aman dikonsumsi untuk anak yang alergi dan juga memperhatikan asupan makanan yang diberikan kepada anaknya.

Apa sih formula asam amino?
Formula asam amino adalah susu formula yang berbahan dasar dari asam amino, asam amino sendiri adalah protein dalam bentuk paling sederhana sehingga bisa dikonsumsi bahkan untuk bayi tanpa menimbulkan reaksi alergi. Sifatnya yang non-alergenik menjadikan formula asam amino lebih aman dikonsumsi untuk anak-anak yang tidak bisa mengkonsumsi susu sapi.

Salah satu produk yang menyediakan formula asam amino adalah Neocate. Dibuat dengan teknologi terkini, diformulasikan untuk anak usia 0 hingga 12 tahun. Selain untuk anak dengan alergi susu sapi, Neocate juga aman untuk anak-anak dengan kondisi klinis seperti multiple allergy dan keadaan yang mengharuskan anak mengkonsumsi asam amino sebagai asupannya.

Waktu itu dokter menyarankan untuk mencoba dulu mengonsumsi Neocate selama 14 hari dan setelah mengonsumsi Neocate memang bener sih gejala alerginya langsung membaik, nggak lagi diare, ruam-ruam atau rewel lagi, jadi setelah itu ia memutuskan untuk melanjutkan pakai Neocate sampai sekarang.

Jadi,

Bila si Kecil mulai menunjukkan tanda-tanda alergi susu sapi seperti kembung, mencret, ruam-ruam, nafas grok-grok dan menangis tanpa sebab, segerakonsul kepada dokter kepercayaan Anda, karena alergi susu sapi merupakan sebuah kondisi yang harus mendapat penanganan yang benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *