Hangatnya Sentuhan Ibu

1mKehamilan niscaya adalah sebuah proses pengembangan benih menjadi manusia seutuhnya, calon anak berada di dalam perut Ibu selama kurang lebih 9 bulan, mendapatkan kehangatan tanpa syarat dan dekapan alami rahim yang membungkus tubuhnya yang masih rapuh.

Lalu lahirlah ia ke dunia,

dan tempat pertama yang didatanginya adalah… Pelukan ibu.

Uraian di atas cukup menggambarkan detik-detik kelahiran Kiko di dunia. Saya masih ingat rasanya waktu pertama ia dihadirkan dalam dekap pelukan saya yang masih tertidur lemas pas operasi sesar. Saya menyusuri kulitnya yang halus, jemarinya yang rapuh dan rambutnya yang masih tipis. Anak saya yang saat itu, tidak berdaya, dan sangat membutuhkan saya.

Hari itu,

hingga hari ini, tidak pernah berbeda. Kami masih saling melengkapi dalam sentuhan. Di usianya yang sudah 2.5 tahun saya tidak pernah lupa untuk membelai wajahnya, menatap lekat matanya sembari memainkan jemari saya di rambut atau lehernya. Memeluknya erat atau sekedar berpegang tangan. Saya tau, sentuhan saya bukan sekedar sentuhan, tapi cinta saya berbicara banyak. Saya mau memastikan, anak saya berada di tempat teramannya.

dan sentuhan Ibu tetap menjadi hal yang dicarinya karena dari situlah kenyamanannya berasal, dari tempat itulah ia merasa aman dan damai. Pelukan Ibu yang menggambarkan banyak cinta juga kasih sayang.

Tapi taukah bahwa kasih sayang dalam sentuhan tidak hanya peluk dan dekap? Ternyata banyak kegiatan yang bisa membangkitkan bonding antara ibu dan anak agar lebih kuat lagi. Yuk, kita bahas satu persatu berikut manfaat tersembunyi dari sentuhan Ibu..

Pelukan Ibu berperan penting untuk pencegahan kematian bayi, penelitian menggambarkan bayi yang mendapatkan dekapan Ibu pada periode krusial 28 hari pertama fase neonatal) kehidupannya memiliki harapan hidup lebih tinggi, terutama bagi bayi prematur (kangaroo mother care)

Ketika bayi demam, metode skin to skin terbukti secara ilmiah mampu menurunkan panas tubuh, sehingga bayi merasa lebih nyaman

Pijatan ke perut bayi yang baru lahir, bisa meredakan kolik yang mengganggu,

Ketika menggendong anak, usahakan mnegeluarkan suara yang menyenangkan seperti mengajak bayi mengobrol. Suara Ibu mampu menenangkan bayi dan sekaligus memancing suara bayi

Kontak mata merupakan hal penting, karena dari kontak matalah anak membangun kepercayaan sehingga menimbulkan rasa nyaman juga aman

Jangan pernah melewatkan ritual mandi, upayakan mandi adalah saat berdua anak yang menyenangkan. Menyentuh, meraba dan membuat suasana menjadi ceria terbukti membantu membuat bonding anak dan ibu lebih kuat

IMG_3541

 

 

Oya, selain kegiatan mandi, saya juga melakukan kegiatan pijat untuk Kiko. Setelah badannya bersih, dan saya juga memastikan tangan saya bersih, aktivitas berlanjut untuk memijat ringan area tubuh Kiko menggunakan body lotion.

Tanpa disadari, ternyata, pijat bayi rutin itu memiliki manfaat lho:

  • Menenangkan serta mengurangi frekuensi menangis pada bayi
  • Memperlancar pencernaan, serta mengurangi sakit perut, gas dan sembelit
  • Menambah berat badan harian
  •  Membantu bayi lebih mudah beradaptasi dengan tidur malam, dan membantunya tidur lebih nyenyak
  • Meredakan sesak napas dan rasa tak nyaman pada saat tumbuh gigi
  • Membantu pembentukan, koordinasi serta kelenturan ototnya dengan baik.
  • Meningkatkan kesadaraan tubuhnya
  • Meningkatkan sistem kekebalan
  • Menjadikan tekstur kulitnya lebih baik
  • Membantu Anda dan bayi Anda merasa tenang dan rileks
  • Meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam memegang bayi Anda

 

Body lotion dengan kelembapan yang cocok untuk bayi, mampu merawat kulitnya sekaligus memperkuat ikatan antara saya dan anak saya. Terlebih Kiko ini harus berada di ruangan AC jadi kulitnya rawan kering, maka saya memilih menggunakan body lotion untuk memijatnya. Seru..

Sentuhan,

yang sering disepelekan, ternyata berdampak sebegitu besarnya untuk anak.

Lho, saya saja masih suka diusap punggungnya kok ma pasangan,

apalagi anak kan. 🙂

 

Tapi, di era keterbukaan informasi ini, masih banyak ibu yang belum memahami betul tentang pentingnya sentuhan dan perawatan kulit ini. Ini terbukti dari angka kematian saat masa neonatal (28 hari pertama hidup seorang bayi) yang masih tinggi di Indonesia. Menurut data WHO pada tahun 2015, terdapat sekitar 70.000 bayi di Indonesia kehilangan nyawa sebelum menginjak usia 28 hari, dan salah satu penyebabnya adalah kurangnya perhatian terhadap kulit bayi selama masa neonatal yang menyebabkan sepsis pada kulit.

Berangkat dari fakta ini. JOHNSON’S  mengadakan kampanye untuk menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu terhadap bayi melalui pijatan berjudul “Sentuhan Penuh Harapan”, bekerja sama dengan Alfamart dan Save the Children. Dalam campaign ini,, Johnson’s Baby mengajak kita, para Ibu,untuk berpartisipasi secara aktif untuk menyebarkan awareness tentang Sentuhan Penuh Harapan dengan cara:

  • Menyebarluaskan pentingnya sentuhan Ibu melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat melalui media sosial
  • Berkontribusi dalam program pembelian Sentuhan Penuh Harapan, dimana Johnson’s Baby menggandeng Alfamart dan Save the Children, memberikan para Ibu cara termudah bagi seluruh ibu untuk berpartisipasi,yaitu dengan pembelian minimum Rp 25.000,- produk Johnson’s Baby jenis apapun di seluruh gerai Alfamart di Indonesia, Johnson’s Baby akan mendonasikan Rp 500,- ke Save the Children.

Masih ada waktu untuk bisa ikut berdonasi nih. Langsung meluncur ke Alfamart terdekat yaaa..

Oya, untuk lebih mengetahui lebih banyak mengenai sentuhan dan bayi, kunjungi akun media sosial resmi

Instagram : @johnsonsbaby_id

Twitter : @johnsonsbaby_id

Facebok: facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

Banyak info seru mengenai sentuhan dan kasih sayang, dan kalian juga bisa ikut berdonasi agar semua bayi di Indonesia mendapatkan sentuhan penuh cinta..

#SentuhanPenuhHarapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *