Tidak Semua Barang Harus Kamu Beli! Beneran deh.

pexels-photo-291762

Kita sadar bahwa kebutuhan pokok manusia adalah sandang, pangan, dan papan. Tiga hal tersebut harus dipenuhi agar seorang manusia bisa dianggap hidup dengan layak. Namun apa yang terjadi bila kebutuhan pokok itu sudah terpenuhi? Well, manusia akan beranjak ke tingkat kebutuhan yang berikutnya yaitu kebutuhan sekunder. Nah, di sini baru manusia akan menghadapi masalah. Sebenarnya apa sih yang disebut dengan kebutuhan sekunder?

 

Menurut definisi kebutuhan sekunder adalah kebutuhan penunjang kebutuhan pokok yang, walau tak mengancam kelangsungan hidup, bila tak terpenuhi maka kegiatan manusia akan terganggu. Dari definisi tersebut, kita lihat bahwa kebutuhan sekunder manusia luas sekali. Mulai dari kendaraan untuk pergi ke kantor sampai mesin cuci yang membantu membersihkan baju kita bahkan smartphone yang membuat kita bisa melakukan nyaris segalanya. Bagaimana kita mendapatkan semua barang tersebut di atas? Yes, jawabannya adalah dengan berbelanja.

Kegiatan membeli barang inilah yang banyak membuat kita jatuh dalam masalah. Apa yang harus dibeli? Apakah kita membutuhkan barang ini? Bagaimana cara kita membayarnya? Apakah harga ini murah atau tidak? Apakah pertanyaan di atas juga terlintas di kepala Anda saat membeli sebuah barang kebutuhan sekunder?

Kalau kamu ingin menjadi pembeli yang cerdas dan tidak dililit masalah keuangan, tentunya hal-hal di atas menjadi pertimbangan tersendiri. Namun jangan cemas, berikut adalah tip untuk menjaga gaya belanja kamu supaya tetap sehat, terutama kalau kamu ingin berbelanja kebutuhan sekunder:

  • Rancang daftar belanja kamu, jangan membeli dengan semangat 45: “Saya berhak untuk mendapatkan barang ini, sekarang juga!”
  • Jangan berbelanja di tempat yang padat, sepulang kerja, setelah gajian, atau sebelum hari liburan. Bisa-bisa kamu terjebak euforia dan membeli benda-benda yang sebenarnya nggak kamu perluin banget.
  • Jangan tergiur diskon. Harga murah bukan berarti kamu membutuhkannya.
  • Bila barang yang akan kamu gunakan bisa dipakai berulang dan menguntungkan, maka membeli barang tersebut bukanlah sebuah pemborosan.
  • Lebih baik membayar secara mencicil. Cara ini memungkinkan kamu untuk mengatur pengeluaran dan membeli barang mahal yang kamu butuhkan.

Kalau kamu dapat melakukan kelima hal di atas, berarti gaya belanja kamu sudah sehat. Dan selamat, kamu sudah siap berbelanja.

Nah, sebelum memulai acara belanja, baiknya kamu cek Akulaku dulu. Aplikasi yang bisa kamu download lewat Google Play dan Apps Store ini merupakan solusi cerdas untuk berbelanja tanpa membayar kontan. Di Akulaku belanja dengan sistem cicilan… tanpa kartu kredit! Cukup dengan mendaftar, kamu bisa menikmati pelayanan cepat, mudah, dan menguntungkan dari Akulaku.

Aplikasi belanja online yang sudah beroperasi di Indonesia ini memang diciptakan untuk mempermudah kamu melakukan aktivitas belanja kamu. Penasaran? Yuk, download Akulaku atau klik www.akulaku.com untuk info lengkapnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *