Turis Amatir ke Korea Tanpa Tur

Alohaaa,

Jadi, aku baru pulang dari…. KOREA! … dengan segala dramanya. Disclaimer dulu ya, aku bukan travel blogger; jadi isi blog ini akan banyak sharing pengalamanku aja sebagai turis amatir dan ngebolang di Korea tanpa tur, dengan itinerary bikin sendiri. Aku ga akan jelasin itinerary dan deskripsi tempat, kamu bisa googling dengan mudah ini semua. Jadi, sifat blog ini adalah menjawab pertanyaan yang masuk di Instagram sayahhh.

sailah.

Yok mulai.

 

Kenapa mutusin pergi ke Korea tanpa tur?
Karena eh karena….. KECELAKAAN KAK! Awalnya itu mau pergi dengan tour, jumlah sekitar 13 orang. Tapi di menit terakhir, dikabarin kalau VISA GA KELUAR. Jeng jeng~ akhirnya keberangkatan aku ditunda 4 hari dari jadwal, kesisa aku ma Chacha aja. Jadi, cusslah. Udah ada waktunya, udah ada alokasi dananya, ada pesawatnya;

jadi ngebolanglah kita.

2 turis amatir ngebolang
2 turis amatir ngebolang

Apa aja persiapan sebelom keberangkatan?

Karena tanpa tour, maka yang harus dipersiapkan adalah:

TEMPAT TINGGAL. Aku pake airbnb, cari yang pusat kota, aku pilih area Myeongdong. Kenapa memilih airbnb? Karena kita bisa komunikasi dengan pemilik unit, bisalah dipandu gimana menuju sana dari bandara. Aku memilih dekat dengan Myeongdong karena penasaran mau belanja skincare di sana, kalau kalian penasarannya dengan hal lain, jangan cari airbnb di myeongdong. Pokoknya, sesuaikan dengan kebutuhan. Airbnb juga biasanya ceritain dengan detail lokasi unitnya, misal berapa menit jalan kaki ke ___, atau berapa menit ke stasiun. Saran saya, cari unit yang ga jauh dari stasiun metro, jadi ga pegel jalan.

 

IMG_0215
ini airbnb kami

IMG_0218

IMG_0216

IMG_0217

IMG_0219

Oke, tempat tinggal udah.. Lalu.

itinerary, alias kalian mau pergi ke mana aja. Modal google, atau modal tanya orang. Misal, kalian mau trip skincare maka tempat-tampatnya adalah bla bla bla bla, atau mau trip ke lokasi shooting drama Goblin, maka lokasinya adalah bla bla bla bla. Setelah dapat lokasi incaran kalian, ini part yang agak rumit; yaitu menyiapkan jadwal menuju ke sana,

kalau aku sih, disesuaikan berdasarkan rute, jadi semua searah ga perlu ribet-ribet gonta ganti kendaraan (walau ya ujungnya ribet juga… namanya tanpa tour)

Gimana tuh caranya?
MAU GA MAU, SUKA GA SUKA, BISA GA BISA;

KALIAN WAJIB BELAJAR BACA PETA, ini amunisi aku sebelom berangkat. Aku print peta Seoul dan tourist map berbagai distrik. Jangan khawatir, peta ini mudah ditemukan di google dengan keyword “tourist maps of __nama lokasi__” jadi jangan malas pake acara minta link ya. Soalnya aku males cari lagi, lah gitu.

IMG_9861

IMG_9863

IMG_9868

IMG_9869

Setelah peta diprint, lingkarin area yang kalian mau. Lalu, mulai tarik garis dari tempat tinggal. Voila, jadi deh rute itinerary. Lalu atur deh, misal hari pertama kalian mau ke arah utara dulu. Hari ke dua ke arah timur laut. Hari ke tiga ke arah pelaminan… Ya gitulah.

Inget ya, itinerary sesuaikan dengan keinginan kamu aja.

Setelah jadwal mau ke mana dan ke mana jadi, maka tugas selanjutnya adalah kamu cari informasi bagaimana cara ke sana. Ini juga ga rumit, semua ada di google dengan keyword “How to go to __rumah mantan__ from Chunmuro”, ya itu contoh aja. Walau dengan keyword itu pasti eror, btw.

Nanti di situ, akan ada informasi apakah dengan subway (metro), atau dengan bus. Kamu tinggal pilih aja mudahnya naik apa. Sebagai informasi, aku di sana selalu naik subway.. karena stasiunnya deket bener dari tempat tinggal.

Bagaimana cara naik metro/subway di Korea?
Langkah pertama setelah kamu turun di bandara adalah beli TMONEY, ini adalah kartu tap atau kaya emoney lah kalau di KRL. Jadi tinggal tap, cuss masuk. Kita simpan deposit di situ. Isi aja sekitar 20.000 won deh, kira-kira sekali jalan dengan subway sekitar 1500 won.

FullSizeRender (3)

Naik subway ini memang ku akui ribet, karena mereka punya banyak sekali pintu keluar dan line warna warni. Misal, dari chungmuro mau ke Anguk -> Bokchon (stasiun tempat bokchon hanok village), itu keretanya adalah line 3 exit 3. Artinya dari stasiun Chungmuro (tempat tinggal kami), kami harus ikutin jalur warna hijau, lalu cek mana kereta yang menuju Anguk, ketika sudah sampai anguk, maka untuk menuju Bokchon keluar di pintu 3. Kalau mau ke palace, ya beda lagi pintu keluarnya. Semua informasi ada di google mengenai exit, tapi untuk mana line warna hijau, jambon, koneng dll dsb dan mana letak exit memang harus dicari di sana, makanya ku bilang di awal, bisa baca peta is a must.

Pola yang sama kalau kamu mau ke tempat lain. Di bandara, disediakan peta subway kok, cuma aku ga ambil, semua modal google aja. Akan ada beberapa tempat yang memerlukan transfer kereta, jadi turun di stasiun 1 lalu lanjut ke stasiun berikutnya. Untuk tau kapan harus turun, dan mana line berikutnya ya harus modal bisa baca peta. Sepenting itu.

contoh peta subway
contoh peta subway

Jangan khawatir, peta tadi ada di google. Selebihnya, kalau kalian familiar naik KRL di Jakarta sih, ya akan terbiasa dengan sistem tap card.

Bagaimana dengan simcard sebagai amunisi update status?


Pilihannya adalah kamu daftar roaming di Indonesia sesuai provider, atau beli simcard di sana, atau.. sewa pocket wifi.

Aku sih di salah satu hape beli simcard, merknya KT Mobile. Dia unlimited, ribetnya kamu harus registrasi dari Indonesia dulu, jadi sampai bandara kamu tinggal ambil sim di tempat pengambilan yang udah dijelaskan di konfirmasi.

IMG_9903 (1)

FullSizeRender (4)

 

Kaya gitu konfirmasinya. Kamu tinggal ikutin aja instruksi di mana ambil simcardnya. Sudah aktif kok, kamu tinggal pake ajah. Biayanya, 27.500 won (sekitar 300 ribuan) untuk 5 hari, unlimited. Cepet pula, aku update aplikasi ga pake emosi. Ehe. Recommended. Trust me.

Sebelom pulang, simcard wajib kamu balikin, mereka simpan data kartu kredit kamu.Aku juga ga tau sih kalau bandel males balikin akibatnya apa, cuma ya balikin ajalah, apa susahnya. Bahahhak.

Bagaimana makanan di sana?
MAHAL BANGET. Streetfood di sana super enak, tapi super mahal. Main course restoran mereka, sama ma harga makanan di singapura tapi super ga enak. Hahaha. Walau lidah mah relatif ya.

Kalau di airbnb saya ada kompor dan peralatan masak, mungkin kamu bisa masak kalau emang ga cocok di lidah dan ga mau keluar duit buat streetfood.

Harga streetfood di sana 2000-4000 won per…. biji. Mamam :)))) 1 tusuk sate sekitar 30-50 ribu saja kawan, jangan sedih. tapi super enak. Makanan besar di restoran, sekitar segitu 10.000 won perporsi, 120.000, kurang lebih ma singapura. Tapi rasa makanan sih, aduh.. bye.

IMG_0139

Tapi di sana semua mahal, sediakan ekstra uang aja. Air mineral ukuran sedang 850 won, atau sekitar 10.000an ya? Soju, 1250 won,

you decide.

#digebuk

Susu pisang 1500 won. Cemilan kaya chiki chikian 2000 won. Ya emang mahal sih Korea mah urusan makanan.

Cari yang halal gampang ga? Beberapa streetfood nulis halal kok di dagangan mereka, restoran agak susah cari tulisan halal, cuma kamu bisa cari restoran ayam. Walau mostly, di tempat jual ayam mereka jual beer.

Di Korea, pasangan ayam goreng ya beer. Sekarang balik ke kamu. 😀

Berapa budget ke sana?
Variatif tergantung kamu. Tapi yang pasti keluar kan biaya visa, sekitar 600.000 kalau urus sendiri, ntah kalau pake travel. Biaya tiket pesawat, 5-8 juta tergantung kamu pesennya kapan. Biaya hotel deh variasi, let’s say 500-1.5 juta permalem. Kalau mau 20 juta permalem juga monggo.

Makan, disesuaikan kamu.

Belanja…. DISESUAIKAN KAMU. IYA KAMU.

walau ku yakin kalian akan kalap sih belanja skincare di sana, murah dan bagus.

 

Tips belanja di sana?

Pinter nego aja ma pelayan di sana, beberapa toko di Myeongdong ngasih banyak gratisan tiap kamu beli produknya. Oya, Myeongdong bukan tempat yang baik untuk Dian Sastro, karena sales di sana main asal pegang bahu aja supaya kita mau masuk ke toko mereka.

oke sip.

Kamu juga bisa cek harga online shop lokal dulu, kalau ga jauh beda mending beli di Indonesia deh, ga makan tempat bagasi.

 

 

Kayaknya segitu dulu, kalau ada pertanyaan lain yang menarik, bisa ku update blognya.

Ada pertanyaan lain?
KAMSAHAMIDAAAA.. gitu bukan nulisnya?

IMG_0132

IMG_0105

20 thoughts on “Turis Amatir ke Korea Tanpa Tur

  1. teh kalau visa nggak keluar gitu biasanya karena apa ya? kok sampai teh falla sama teh chacha sama-sama ngga keluar visanya?jadi takut mau ngajuin visa korea

  2. April tahun depan Insyaallah mau ngeturis ke Korea, jadi ada bbrp pertanyaan yg ngantri:
    1. Airbnb
    Fal, jujur aku newbie nih masalah Airbnb. Yang pengen aku tanya untuk biaya cleaning service 500an yg tercantum di screenshot itu biaya cs airbnb perharinya atau total selama kita nginap? Trus cleaning service itu kamar dibersihkan by request atau emang semua airbnb menetapkan fee untuk cleaning service?
    2. Jalur Subway
    Ada aplikasi khusus ga biar memudahkan rute subwaynya? Let say mau ke ini keluar dari exit A, mau ke itu keluar dari exit B, kayak Singapore kan ada aplikasi Gothere.Sg tuh yg detail banget ampe exit MRTnya.
    3. 3. Status Rehidrasi #Halah x))
    Banyak keran air yg ready to drink kayak Singapore gak disana? (Mayan irit budget buat rehidrasi)

    Thanks, Falla

    1. di sana air minum tida bisa diminum.

      ada aplikasinya, lupa tapi namanya dan menurutku kurang user friendly terutama buat turis.

      Cleaning fee itu untuk selama tinggal di sana. Waktu aku di Bali, aku tiap hari dibersiin, pas korea waktu dateng aja ma mau pulang.

  3. Dari Jakarta langsung ke arah pelaminan ada gaaa, heheh
    Noted!!! Makanan mahal tp belanja skin care yg banyak. Bekel popmie ama Oki jely drink aja, kuatkan tekad buat backpakeran kesana… Kebetulan tiket dah ditangan hasil gatf (eh bener ga seh lupa) pokoknya pameran travel Garuda lah, makasih bu dokter

  4. Teh Falla! Mau sedikit nanya-nanya soal simcard.
    1. Kalau pake provider kita, Tsel (for me) mahal gak ya kena charge nya?
    2. Apakah semua sim card disana perlakuannya sama kaya si Tmobile yang harus registrasi di Indo dulu? payment nya kartu kredit only?
    3. Diantara pake provider kita, beli simcard disana, atau sewa pocket wifi, lebih mending yang mana ya? for me, tbh, masih ragu antara beli simcard lokal sana atau sewa pocket wifi sihhhh, pasti koneksi nya juwarak kan?

    aku galau soal simcard aja nihhhh masihan.

    thankssss teh!
    Thanksssss!

  5. Been to Seoul also ( bukan pencinta Korea dan gatau apa apa soal Koreaan pada awalnya ) kalo masalah makanan mungkin beda selera ya, tapi Korean BBQ disana enak banget sih, padahal carinya di Ittaewon yang daerahnya bukan buat kuliner ( cuma emang mahal ).
    The most favorite place so far tetep Insadong sama hangang river park.
    Dan Korea salah satu negara yang paling gue suka, saking sukanya pas di bandara mau pulang ke Indo pake acara drama nangis gamau pulang ( ini serius ) ✌️

  6. Kak, jadi naik flying fox ke Nami Island ga? Aku liat di twitter waktu itu. Penasaran pengen coba nanti pas kesana sendiri bulan November.

    Belanja baju2 juga ga, kak? Murah2 kayak kosmetik nya ga?

  7. Teh, kalo mau cari skincare korea bisa pesen di temen aku di instagramnya @Yukachandra . Dia tinggal di korea teh, kalo mau pesen ongkirnya jg bukan dr korea ke indo tp dr bogor ke tempat tujuan teh.

  8. Teh, foto2 di korea pake kamera fujifilm X-A2 bukan? Apa udah ganti? Boleh info pake lensa apa? Terima kasih :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *