Mitos dan Fakta Red Days

Berbicara tentang red days atau menstruasi, pasti yang terlintas adalah hal-hal kurang menyenangkan seperti emosi memuncak, payudara nyeri, badan pegal-pegal, kepala pusing hingga nyeri pada bagian perut bawah.

Kalian merasakannya juga tidak?
Saya sih iya banget.

Biasanya 1 minggu sebelum menstruasi, ada tamu tidak diundang bernama jerawat yang mampir, lalu di periode itu makan saya jadi kaya kuda nil karena banyak banget, muka jadi kusam berminyak,

tapi yang paling mengganggu adalah ketidakstabilan emosi, di periode itu lihat kucing dicuekin aja saya bisa nangis.

Well….

 

Itu baru berbicara tentang periode sebelum red days ya, lalu bagaimana dengan periode red days? Kalian pernah mendengar mitos dan fakta apa saja tentang red days? Yuk bahas yuk..

 

Minuman dingin memperlambat Red Days
MITOS. Minuman dingin tidak mempengaruhi hormon. Keterlambatan red days disebabkan oleh banyak faktor dan sebagian besar adalah faktor hormonal, jadi silahkan makan es campur sebanyak-banyaknya, karena tidak berpengaruh dengan siklus red days kamu.

Berenang saat Red Days mengakibatkan mandul
MITOS. Berenang saat red days tidak ada hubungannya dengan kemandulan ya. Berenang saat red days adalah masalah higienitas, karena ketika sedang mengalami red days, darah bisa keluar dari Miss V dan mencemari air sekitar, jadi pastikan ketika berenang kamu mengenakan tampon yang aman untuk berenang ya. Terlebih bila kamu berenang di kolam renang umum.

minum dingin

Tidak red days = hamil
MITOS. Tidak mengalami red days bukan berarti kamu hamil. Salah satu tanda pasti kehamilan adalah tidak mengalami red days. tapi pernyataan ini tidak berlaku sebaliknya, karena tidak keluarnya red days penyebabnya multifaktor dari mulai hormonal hingga masalah pada daerah kewanitaan.

Olahraga tidak baik dilakukan saat red days.
MITOS. Justru olahraga sangat bermanfaat saat red days, mungkin badan tidak akan sebugar biasanya, tapi ini harus kamu lawan. Kita bisa tetap berolahraga selama red days dan tidak akan mempengaruhi area kewanitaan bahkan kesehatan kamu. Namun, perhatikan kelembapan dari area Miss V ya, ketika keringetan, area Miss V biasanya menjadi lembab, bila ditambah red days maka bakteri bisa tumbuh subur di area tesebut dan menyebabkan keputihan. Jadi, selama kamu menjaga kebersihan area Miss V, olahraga sangat aman kok.

hamil

Darah yang keluar saat red days sangat banyak hingga mengakibatkan lemas
MITOS. Darah yang keluar saat red days hanya 50-150 cc atau setara dengan 6 sendok makan. Jadi ketika kamu lemas saat red days, penyebabnya belum tentu adalah darah yang keluar terlalu banyak. Kamu bisa mengakali lemas saat red days dengan tetap berolahraga ringan dan minum air putih yang cukup.

Risiko infeksi kewanitaan meningkat
FAKTA. Ketika red days, bakteri mudah berkembang biak dan mengakibatkan hal-hal yang kurang diinginkan seperti keputihan. Cara mengatasinya kamu cukup dengan membersihkan area kewanitaan kamu dengan benar. Menggunakan sabun antiseptik dengan pH yang sesuai untuk area kewanitaan serta mengandung Povidone – Iodine yang terbukti bisa mencegah tumbuhnya bakteri.

Betadine-Infographic04-MitosRedDays_part-04-APPROVED

Oya, cara membersihkan area kewanitaan adalah dari arah depan ke belakang, ya, agar bakteri dari lubang pembuangan belakang tidak mengkontaminasi area Miss V.

Betadine-Infographic04-MitosRedDays_part-05-APPROVED

See?
Terpecahkan sudah mitos-mitos soal red days ini. Masih mau tahu lebih banyak soal red days dan persoalan kewanitaan lain? Kalian bisa cek di TanyaWanitaID.

One thought on “Mitos dan Fakta Red Days

  1. Kak, 6 sendok makan itu totalnya selama haid atau perharinya aja?
    Tp kok kaya banyak banget ya Kak kalo di pembalut itu *maafkan bahasanya Kak*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *