Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

disclaimer:
Post ini mungkin akan sedikit menjadi bias, tapi sebenarnya, apapun kelaminnya, akan sama kasusnya.

..

Seorang teman, bercerita ke saya mengenai kesedihan terdalamnya. Hal yang mungkin selama ini ia pendam karena ntah merasa itu aib, atau memang menjaga nama baik. Ia mendatangi saya, dengan mata sembab sisa basah yang tampaknya sudah semalaman menemani.

“Salah gua apa?”

Ia bertanya, mengenai mengapa pasangannya yang ditemui selingkuh dengan perempuan lain.

Sembari menyeruput kopi hangat yang rasanya bahkan sudah hambar karena kerongkongan seperti menolak menerima, tercekat. Saya diam, memberinya kesempatan untuk bercerita.

“Gua udah nurutin mau dia, okelah gua sering ngambek.  Demanding, kadang suka insecure ngawur sendiri. Gua akuin itu, apa karena itu?” .. Ia berkata terbata, matanya yang sembab seperti menyerah menahan mendung, air matanya lagi-lagi mengalir. “…iya mungkin karena itu ya, jadi gua emang pantes dapetin ini semua.”, ia menutup ceritanya, dengan meremas kertas tisu berlogo kedai kopi tempat kami bersua.

“Hei.. Listen to me. Jangan menyalahkan diri sendiri atas kelakuan seseorang yang melanggar janji setia, yang udah brengsekin hidup lo, yang udah bikin lo hancur berkeping. Jangan menyalahkan diri sendiri, atas sifatnya, atas nafsu binatangnya.”

Pembicaraan masih berlanjut dengan kepingan-kepingan kesedihan dan rasa marah saya atas teman saya yang menyalahkan diri sendiri. Banyak orang lupa, bahwa kesetiaan itu tanggung jawab, dan tidak ada hubungannya dengan perilaku atau hal remeh temeh yang kadang mengganggu hari. Setia itu sikap, dan untuk dasar apapun, harus dipertahankan.

Banyak perempuan di luar sana yang cenderung mengalah untuk tindakan pasangannya yang main sana sini, one night stand enak-enakan, terlibat cinta lokasi, memesan escort girl untuk seks, pijat plus plus dan semua tindakan bajingan lainnya. Mereka secara tidak sadar kehilangan self esteem mereka sendiri, menyalahkan diri mengapa tidak bisa menjadi pasangan yang baik sehingga pacar/suaminya harus mencari kesenangan di perempuan lain. Mengutuk diri sendiri karena kurang cantik, kurang pintar, tidak bisa masak, tidak jago memijat, jarang di rumah karena sibuk mengejar karir dan semua hal yang dialamatkan sebagai justifikasi perselingkuhan pasangannya.

Mereka lupa, bahwa tidak ada satu orangpun yang berhak dinodai keberadaannya, dirusak komitmennya. Seberantakan apapun hidupnya.

Hei,

Untuk beberapa orang, selingkuh itu sudah jadi habit. Mereka memang tipe orang yang tidak bisa memegang komitmen, tidak mau menjaga dirinya. Terima saja, bahwa beberapa orang terlahir dengan naluri berpetualang yang tidak selesai dengan komitmen, tidak selesai dengan rasa cinta ke satu orang,

sehingga keputusannya untuk sejenak “cicip” orang lain diambil karena keputusan sadar, bukan karena pasangannya tidak baik. Tapi karena memang mereka menginginkan itu. Karena mereka memiliki naluri untuk mengejar, perasaan puas ketika dapat dan akhirnya kembali pada yang setia menunggunya.

Lingkaran setan, yang ada di diri manusia.

Jadi,

berhenti menyalahkan diri sendiri atas pasangan yang tidak bisa memegang janji untuk hanya memiliki satu hati,

oke mungkin mereka memang memiliki satu  hati untuk menepi, tapi berusaha memiliki banyak raga untuk ditunggangi.

Berhenti merendahkan diri sendiri, karena secara tidak langsung mereka pula yang membuat self esteem menjadi porak poranda, sehingga pada akhirnya mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan, pemakluman.

karena buat saya,

Ada jenis manusia yang memang layak untuk ditinggalkan, tapi tidak ada manusia yang layak untuk dikhianati.

39 thoughts on “Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

  1. Memang benar selingkuh itu habit.. susah hilangnya kalo ga memang niat.. dan aku pribadi, bakalan susah maafin kalo pasanganku selingkuh, cepat ato lambat, rasa sakit itu yg akan merusak hubungan, setiap hari uring2an, ungkit2 salahnya.. ato paling jelek, kita bisa ikutan selingkuh sbg bentuk balas dendam.. Nauzubillah ya.. semoga perempuan yg di selingkuhi selalu bisa ber besar hati, maafin dan Nerima kembali pasangannya..

  2. Hi Kak Falla!
    Aku lg yg komen, jangan bosen ya. Hehe
    Aku pun begitu, masih segar diingatan, aku yang pernah menyalahkan diri sendiri saat pertama kali diselingkuhi, menangis sampai sembap dipelukan sahabat, sering menginap dirumah sepupu karena ogah tidur sendiri dengan pikiran sedang tak menentu, bahkan sampai pada tahap menyakiti diri sendiri, seperti; menolak makan sampai jatuh sakit (bagaimana jg bisa makan saat pikiran sedang tak tenang?).

    Sampai akhirnya aku sadar sendiri; Dengan aku begitu enggak akan mengembalikan apapun. Toh harusnya aku bersyukur bukan sudah diperlihatkan keburukannya dia sblm hubungan kami terlanjur jauh? Dia yg enggak layak buatku, bukan sebaliknya. :’)

  3. Saya mengalaminya teh, saya diselingkuhi pasangan saya dengan mantannya.
    Dengan alasan dia tidak bisa menjalin hubungan LDR dan saya terlalu sibuk mengejar karir saya.
    Ia juga berargumen semua ada sebab dan pasti ada akibatnya, salahkah sayayg menjadi penyebab atas perbuatan dia?

  4. nice post kak.. “ini” bangeeeeet kata-katanya, kalimat penyampaiannya juga selalu ngena dan ga pernah bosen nunggu postingan-postingannya.

    salam kenal

  5. Hai Falla sukaa banget sama tulisannya, hal yang paling ngebuat gw insecure dalam pernikahan ya si selingkuh ini. Gw takut banget mengalami apa yang dialami nyokap. Jadi sampai sekarang rasa insecure kadang masih ada sampai-sampai gw harus bawa diri gw ke emotional healing terapi buat berdamai dengan masa lalu. huuuftt..

  6. Hi, kak Falla. Aku selalu suka sama tulisan tulisan kak Falla, cara berpikir kak Falla, dan bahkan convo convo kak Falla di twitter. Buat aku, kak Falla adalah salah satu wanita hebat yg menginspirasi aku (aku gak perez, kak). Tp ada yg mau aku tanyain kak. Aku tau ini sedikit konyol. Tapi… Kak, gemini emang beneran genit yak?

  7. Baca tulisan ini persis dengan yg saya alami sekarang. Sudah pacaran cukup serius selama 6 tahun, keluarga pun sudah dekat. Eh ketauan si pacar suka “main” sana sini. Hehee

    Baca tulisan ini pun mengingatkan saya pada salah satu teman saya (laki-laki) yg pijat plus plus sebelum hari pernikahannya ;))

    Ya, mereka mereka memang hanya cinta dengan satu orang. Tapi tidak bisa untuk berhenti “mencari”

  8. Fix ini yg aku alami. Dan aku terbentur oleh alasan dia yg pake ayat2 qur’an itu…. pamannya, ayahnya, pak de nya, semua istrinya lebih dr satu……..

  9. Love all the quotes yg ada di postingan ini, real dan logis…
    Semoga selalu bisa menjadi pribadi yang tidak menyalahkan diri sendiri, cause i’ve feel that position..

    Thanks for pencerahannya ka ^^

  10. Haaai mbk falla..
    Ceritanya sama ky aku bgt. D selingkuhin stlh 7 thn pacaran dan 3 bln lg mw tunangan..
    Stress bgt wkt itu menyalahkan diri sendiri smp jatuh sakit,
    Tapi yah skg malah bersyukur, setahun kemudian ktm calon suami 3 bulan pacaran dl

  11. Apakah termasuk dengan pria yang mengucapkan “kayanya kamu juga belum siap jadi istri” hanya karena lupa bawa perlengkapan mandi saat pergi ke pantai dan menjadi cewek pelupa akut?

  12. Saya tak pernah bosan baca postingan ini…semoga perasaan membaik krna kata2 tulisanmu ini menjadi amal baik dan ladang ibadahmu dok..krn allah tak kan mempercumakan apapun atas kebaikan yang diciptakan 🙂 salam..

  13. Ah post ini dibuat pas bgt aku diputusin karena alasan ldr. Aku ldr pun karena sedang menyelesaikan studi aku teh, demi karir yg mumpuni ketika menikah nnt. Tp 3 minggu setelah putus dia udah punya pacar lagi. Hatiku hancur dan kzl sama diri sendiri. Untungnya aku punya kesibukan tinggi harus bekerja keras untuk studiku, walau sampai saat ini hati masih menolak karena diselingkuhi.

  14. waktu baca bagian ” okelah gua sering ngambek. Demanding, kadang suka insecure ngawur sendiri.”
    omyGod.. ini juga aku banget kak 🙁 tapi alhamdulillah alhamduliilah alhamdulillah pasangan aku sekarang ini masi setia sama aku sampe sekarang. kadang aku mengutuk diri aku sendiri, apa beneran sih dia sayang sama aku, apa yang bikin dia bertahan sama aku, apa dia cuma kasian, sempet pesimis dan takut kalo karena sifat aku ini dia ninggalin aku. setiap kali aku tanya kamu yakin sm aku, kamu beneran ga ilfeel sm aku..
    ga henti hentinya aku selalu bersyukur kak Allah selalu ngasi bantuan lewat orang lain, setiap aku lg ada masalah sama pasangan aku, Allah selalu mengirimkan “nasihat” Nya lewat orang lain.. dan kali ini lewat kakak. tapi jalan kami masi panjang kak, aku juga gamau dikira gegabah,atau sombong dengan menyebut dia setia, ini rasa syukur aku dan harapan aku semoga dia selalu setia. semoga kalo kami berjodoh aku bisa jd pribadi yang lebih baik lagi..

  15. waktu baca bagian ini ” okelah gua sering ngambek. Demanding, kadang suka insecure ngawur sendiri.”
    omyGod itu aku banget kak.. tapi alhamdulillah 3x pasangan aku masi setia sampe sekarang. kadang aku ngerasa pesimis , ga percaya apa yang buat dia masi bertahan sm aku sekarang. semoga memang begitu sifatnya, dan aku harus menjadi pribadi yg lebih baik lagi. setiap aku ada masalah sm pasangan aku ini Allah selalu membantu dan memberikan “nasihat”Nya lewat orang orang dan kali ini lewat kakak :). tapi jalan kami masih panjang kak, ga ada yang tahu, dengan cerita aku ini aku ga bermaksud gegabah atau sombong menyebut dia setia.. tp ini adalah doa dan harapan semoga dia memang setia, dan kalo kami berjodoh semogaa kami , aku khususnya bisa menjadi peribadi yang lebih baik lagi.

  16. waktu baca bagian ini ” okelah gua sering ngambek. Demanding, kadang suka insecure ngawur sendiri.”
    omyGod itu aku banget kak.. tapi alhamdulillah 3x pasangan aku masi setia sampe sekarang. kadang aku ngerasa pesimis , ga percaya apa yang buat dia masi bertahan sm aku sekarang. semoga memang begitu sifatnya, dan aku harus menjadi pribadi yg lebih baik lagi. setiap aku ada masalah sm pasangan aku ini Allah selalu membantu dan memberikan “nasihat”Nya lewat orang orang dan kali ini lewat kakak :). tapi jalan kami masih panjang kak, ga ada yang tahu, dengan cerita aku ini aku ga bermaksud gegabah atau sombong menyebut dia setia.. tp ini adalah doa dan harapan semoga dia memang setia, dan kalo kami berjodoh semogaa kami , aku khususnya bisa menjadi peribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *