IMG_3740

Menyusui Di Tempat Umum

Menyusui, sebenarnya merupakan sesuatu yang alami. Sebuah perilaku primitif yang sudah ada dari terciptanya manusia pertama. Ibu, diberikan anugrah luar biasa besar bernama air susu yang dibuat dengan kandungan sempurna untuk makan bayinya.

Semakin modern, justru menyusui semakin dianggap kuno. Berbagai invasi susu formula dan ketabuan masyarakat membuat menyusui menjadi kurang mendapat tempat dan dinomorduakan. Saya seorang Ibu menyusui yang terbiasa menyusui anak saya di mana saja, kapanpun dia mau.

Tapi sayang, menyusui yang memang sewajarnya adalah hal normal dan mulia seringkali dianggap aneh. Walau telah ditutup apron, pandangan orang-orang terhadap ibu yang menyusui di tempat umum masih aneh. Beberapa kali saya melihat tatapan heran orang-orang karena saya saat itu menyusui di tengah department store, di kursi yang biasa digunakan para lelaki menunggu kekasihnya berbelanja.

Memang, semakin ke sini, gerakan Ibu menyusui menjadi lebih baik. Semakin banyak support system yang membantu kami, para Ibu menyusui mendapat tempat yang layak untuk bisa memberikan nutrisi bagi anak-anak kami. Beberapa kantor sudah memberikan dispensasi waktu bagi ibu yang harus memompa ASI untuk anaknya. Bahkan teman-teman saya di rumah sakit khusus memberikan saya keleluasaan untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk IGD agar saya bisa memompa ASI.

Tapi itu kondisi ideal…

Faktanya masih banyak sekali tempat-tempat yang tidak ramah bagi Ibu menyusui. Saya, sebagai ibu menyusui sangat mendamba hadirnya tempat khusus untuk ibu menyusui yang mumpuni, layak dan nyaman. Sebut saja deh, mall sebesar kota Jakarta saja hanya beberapa saja yang menyediakan tempat menyusui yang layak. Maka mau tidak mau ya saya menyusui anak saya di manapun, seperti saya ceritakan di atas dengan risiko orang-orang menatap saya aneh. Ehehe. Tapi ah, saya cuek saja, kalau bukan saya yang memberikan nutrisi terbaik untuk anak saya, siapa lagi?

Well,

semoga ke depannya semakin banyak tempat yang nyaman untuk Ibu bisa menyusui atau memompa ASI, seperti yang sedang digarap oleh Anmum dalam kampanye #BoothMenyusui . Anmum dengan dedikasinya untuk Ibu menyusui menyediakan ruang nyaman dan layak di banyak tempat umum agar ya…

Kami kami ini,

Ibu menyusui memiliki tempat untuk memberi makan buah hati kami,

yang nantinya,

semoga,

menjadi penerus bangsa Ini. :)

IMG_3740

untuk info lebih lanjut, bisa buka link:

http://anmum.co.id/boothmenyusui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *