Yang Akan Diceritakan Pada Generasi Mendatang Kelak

Suatu hari, pernah terbaca sebuah tweet dari traveler yang aku cukup segani karena buku dan tweetnya yang membuat aku makin ngiler ke luar negeri. Di situ, beliau bertanya kurang lebihnya..

Jika tidak traveling, maka apa yang akan kalian ceritakan ke anak cucu nanti?”

Aku lumayan terhenyak, mengingat sedang ada bocah yang menendang dalam perut dan aku yang hampir sama sekali tidak pernah jalan-jalan ke manapun. Lalu, aku harus cerita apa dong ke anakku nanti? Mengenai ibunya yang tidak pernah pergi ke mana-mana?

Lalu, memoriku kembali ke masa kecil dan mengulang layar-layar antara aku ayah dan Ibu. Ayah dan Ibu juga bukan seorang pejalan, Ayah walau sering bepergian ke luar negeri; selalu dalam rangka pekerjaan dan cuti. Rasanya jarang sekali kami bepergian khusus untuk liburan. Jadi, praktis, aku tumbuh sebagai anak karyawan biasa-biasa aja dalam hal traveling.

Hari ini, usiaku 25 tahun lebih, aku bangga karena ternyata ayah dan ibuku tak pernah kehabisan hal untuk dibicarakan dan diceritakan padaku kecil hingga padaku dewasa hari ini. Aku tumbuh melalui nasihat-nasihat mereka, melalui pengalaman hidup mereka yang mungkin tak pernah ke mana-mana tapi menyisakan pesan dan nilai yang membentukku seperti sekarang ini. Ayah bukan pencerita yang handal, bukan pula seorang pejalan, tapi ayah adalah seorang dengan kepribadian kuat. Mempunya prinsip dan nilai yang dianut begitu saklek, hal tersebut yang tak pernah bosan ia ceritakan dan tanamkan pada anak-anaknya.

ah…

Rasanya aku tak perlu takut karena aku bukanlah seorang traveler dan tak bisa bercerita pada anakku kelak, karena tokh perbekalan cerita yang akan aku turunkan sungguhlah banyak.. Aku mungkin tak akan mengawali dongeng tidur dengan “Nak, Ibu pernah melihat aurora borealis, di sana indah sekali Nak..”

tapi aku akan menjadi ibu yang berkata pada anakku nanti..

“Nak, Aurora borealis itu indah.. Kita mau pergi ke sana bareng Romo juga?” 🙂

Kita yang akan menciptakan kenangan, Nak. Bukan Ibu yang akan menceritakannya.. 🙂

By the way, yang berencana mau nikah dan masih bingung mau urus dari mana dan segala macam kebutuhannya.. Bisa kunjungi www.bridestory.com ya.. Mereka terpercaya dan bagus banget referensinya untuk yang lagi urus nikahan. 😀 www.bridestory.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *